Review Travelblog.id: Berbagi Cerita Liburan Bisa Dapat Hadiah

Setelah pergi liburan, kita akan selalu dapat sesuatu yang bisa dibawa pulang, rasa bahagia, cerita dan juga pengalaman. Biasanya kita share cerita dan pengalaman tersebut dengan posting foto-foto liburan di social media atau blog pribadi. Tapi sekarang ada platform baru yang bisa digunakan sebagai alternatif untuk berbagi cerita liburan, yaitu Travelblog.id.

Travelblog.id merupakan sebuah platform yang disediakan khusus untuk berbagi cerita atau jurnal traveling. Konsepnya mirip semacam blog, tapi dengan banyak penulis atau kontributor. Kita juga bisa daftar jadi penulis dan berkontribusi dengan menulis cerita liburan disana.

Kalau kalian punya atau pernah menulis di blog pribadi, tentu bakalan terbiasa juga dengan Travelblog.id. Disini targetnya memang orang yang suka traveling sekaligus hobi menulis cerita atau jurnal traveling.

Screenshot Travelblog.id

Kemungkinan besar kalian punya pertanyaan seperti ini, ngapain kita nulis di Travelblog.id kalau kita bisa nulis di blog pribadi?

Pertanyaan yang bagus. Jawabannya adalah kalau nulis di blog pribadi belum tentu ada yang baca, kecuali memang blognya sudah legendaris dengan banyak pembaca setia. Tapi kalau blognya masih baru, sepertinya gak bakalan ada yang baca kecuali teman-teman atau keluarga sendiri mungkin.

Jadi, daripada cerita liburannya mubah dan gak manfaat, lebih baik ditulis di Travelblog.id yang sudah tentu ada penghuninya dan pasti banyak yang baca. Orang yang bacanya juga sama-sama hobi traveling.

Ada satu alasan lagi yang bisa jadi pertimbangan utama buat nulis di Travelblog.id, yaitu setiap kita nulis artikel akan dapat poin yang bisa ditukarkan dengan hadiah.

Lah, itu serius? Gimana caranya?

Mekanismenya adalah seperti ini:

  1. Kita harus punya akun dulu, bisa daftar menggunakan akun Facebook atau Gmail.
  2. Setelah punya akun, tulis saja cerita liburan kalian, bisa dalam bentuk artikel ataupun video.
  3. Artikel yang sudah ditulis bakalan di review sama tim editor Travelblog.id, untuk memastikan kualitasnya bagus dan tidak melanggar tata tertib.
  4. Jika lolos review, artikel akan di publish di website Travelblog.id.

Sampai tulisan ini ditulis, tiap satu artikel yang di publish akan mendapat 50 poin dan setiap video akan mendapat 40 poin. Hadiah yang bisa ditukar bermacam-macam mulai dari 80 poin (botol minum) sampai dengan 2000 poin (smartphone Android).

Hadiahnya bukan asal hadiah, tapi hadiah yang mendukung kegiatan traveling. Semisal botol minum tadi, tas ransel, tenda, cooking set, portable bluetooth speaker, powerbank hingga sleeping bag.

Keren gak tuh? Sambil kita liburan, berbagi cerita dan pengalaman, bisa dapat hadiah pula.

Screenshot Travelblog.id

Satu hal lagi yang jadi kelebihan Travelblog.id yaitu, di platform ini kita dikumpulkan dengan teman-teman lain yang satu hobi.

Karena banyaknya traveler yang berkumpul di Travelblog.id, kontennya jadi selalu fresh dengan cerita-cerita baru dari pengalaman orang lain. Wawasan tentang tempat wisata yang bisa dikunjungi juga bakalan bertambah. Jujur saja, saya sendiri dapat banyak referensi baru baik itu tempat wisatanya atau kulinernya. Dan entah kenapa senang saja baca-baca cerita dan pengalaman orang lain tentang traveling.

Tidak hanya cerita jalan-jalan saja, pengalaman wisata kuliner juga bisa diceritakan disini. Seperti yang kita tahu, traveling sama kuliner itu gak bisa dipisahkan. Salah satu alasan kita pergi jalan-jalan, ya karena pengen nyobain kuliner-kuliner baru.

Untuk teman-teman yang lebih suka wisata budaya juga bisa diceritakan di Travelblog.id. Apapun itu ceritanya, intinya adalah selama itu cerita liburan atau yang berhubungan dengan liburan bisa ditulis di Travelblog.id.

Screenshot Travelblog.id

Jadi kesimpulannya adalah, Travelblog.id merupakan sebuah platform tempat berkumpulnya teman-teman yang hobi traveling sekaligus tempat untuk berbagi cerita dan pengalaman, ditambah bisa dapat hadiah lagi.

Tapi apakah layak untuk menulis artikel di Travelblog.id ketimbang di blog pribadi? Layak sekali. Manfaatnya lebih banyak daripada menulis di blog pribadi. Karena sekarang sudah eranya kolaborasi, bukan lagi kompetisi.

Terima kasih sudah membaca, ketemu lagi di tulisan lainnya.