Rumahweb Sudah 17 Tahun Setia Mendukung Blogger di Indonesia

Tempo hari, saya membaca sebuah artikel yang mengisahkan tentang 2 orang yang sedang belajar programming. Kedua orang itu sama-sama belajar dari nol, tapi bedanya yang satu selalu membuat tutorial di blognya mengenai apa yang sudah dia pelajari, dan yang satu lagi tidak melakukan hal yang sama.

Tahu apa yang terjadi 5 tahun kemudian? Orang yang sering sharing ilmunya dengan membuat tutorial di blog ternyata jauh lebih sukses daripada orang yang tidak. Kenapa bisa begitu? Mari kita bahas alasannya.

When one teaches, two learn.” begitu bunyi salah satu quote paling populer dari Robert Heinlein, yang kalau diartikan secara harfiah adalah ketika satu orang mengajar, maka ada dua orang yang belajar.

Orang yang saya sebut diawal artikel ini yang sering membuat tutorial di blog, tentu memahami pentingnya sharing ilmu. Analogi sederhananya begini. Jika seseorang membuat tutorial, maka orang tersebut tentu harus mempelajari terlebih dulu apa yang akan dia sharing kan. Otomatis dia sendiri mendapatkan ilmunya. Sementara orang yang mengikuti tutorial juga sama-sama belajar. Malah bukan satu orang lagi, tapi ribuan bahkan jutaan orang yang akan mendapatkan ilmu.

Alasan selanjutnya adalah, dengan membuat blog dan mengisinya dengan ilmu yang bermanfaat, maka lambat laun akan terbangun audience dengan sendirinya. Memang untuk apa audience ini? Kalau dilihat dari kaca mata marketing, audience ini sangatlah berharga. Ibaratnya sebuah kolam yang siap untuk dipanen yang akan menjadi pundi-pundi rupiah.

Memang masuk akal sih. Jika blog sudah populer berarti sudah banyak yang tahu kalau pemilik blog tersebut adalah expert di bidangnya. Jika blognya berisi resep masakan, maka dia jago masak. Jika blognya berisi tutorial programming, maka dia pastilah jago programming

Begitupun yang sudah dilakukan sama orang yang disebutkan diawal artikel ini. Karena dia selalu sharing ilmu programming, maka orang-orang percaya kalau dia adalah jagonya. Jadi, saat orang tersebut meluncurkan sebuah produk, otomatis audience nya percaya dan larislah produk tersebut.

Sampai sini sudah paham kan, kalau mempunyai blog di era digital sekarang ini adalah sesuatu yang layak diperjuangkan. Baik untuk menunjukan expertise diri sendiri, ataupun untuk content marketing yang berujung jualan produk. Semuanya pasti berawal dari sebuah blog.

Kalau bicara blog, tentu harus ngomongin masalah hosting. Gak perlu keluar modal banyak untuk bisa mempunyai blog sendiri. Saat ini sudah banyak penyedia hosting murah dengan harga di bawah 50.000 per bulan. Bahkan ada yang lebih murah lagi, seperti di Rumahweb yang hanya 25.000 per bulan untuk hosting khusus blog yang menggunakan Wordpress.

Untuk yang belum tahu, Wordpress itu semacam aplikasi yang khusus untuk bikin blog. Jadi tinggal install saja Wordpress di hosting, maka kita sudah langsung punya blog sendiri.

Rumahweb

Tapi gak cuma hosting saja, sebuah blog harus punya domain nya juga. Domain ini semacam alamat web yang akan diakses oleh pengunjung blog kita nantinya. Beli domain murah dengan ekstensi .com, .id atau bahkan .web.id seperti blog ini. Semuanya bisa, asalkan nama domain nya masih belum ada yang punya. Dimana belinya? Salah satunya bisa di Rumahweb tadi. Sekalian beli hosting, bisa beli juga domain nya sekalian.

Kalau mau lebih murah lagi, Rumahweb biasanya suka mengadakan promo untuk pembelian domain atau hosting. Sering-sering saja cek ke web nya Rumahweb, selalu ada promo menarik yang bisa diambil biar modal buat bikin blog bisa jauh lebih murah.

Bikin blog itu kaya bercocok tanam. Kita tidak bisa langsung memetik hasilnya saat itu juga. Orang yang saya sebut diawal artikel ini bahkan perlu waktu 5 tahun sampai bisa dikatakan sukses lewat blog. Jadi jika kalian baru saja nge blog setahun dua tahun dan masih belum sukses, sabar dong. Nge blog itu marathon bukan sprint, harus tahan banting dan pantang menyerah. Sama kaya Rumahweb yang sudah 17 tahun setia mendukung blogger di Indonesia.

Rumahweb 2