Hosting Mini Untuk Tugas Sekolah

Dewa dapat tugas dari guru RPL di sekolahnya untuk membuat sebuah aplikasi web sederhana. Tapi syaratnya web tersebut harus sudah online dan bisa diakses di internet. Dewa bingung bukan karena tidak tahu cara meng-online-kan website, tapi bingung karena dia tahu kalau bikin web agar bisa online itu harus beli domain dan hosting. Sementara dia sendiri masih pelajar dan tentu saja tidak punya budget untuk hal semacam itu.

Tugas dari sekolah seperti yang Dewa alami sebetulnya bagus sekali untuk pembelajaran. Membuat sebuah website di komputer lokal (localhost) dan mengunggahnya ke hosting bisa menjadi ilmu yang sangat bermanfaat untuk siswa-siswa RPL di SMK. Skill semacam ini memang tidak diajarkan di sekolah, tapi siswanya sendiri yang harus otodidak mempelajari bagaimana caranya.

Terus gimana dong solusi untuk tugasnya si Dewa tadi? Ya memang gak ada cara lain selain membeli domain dan hosting sendiri. Triknya yaitu dengan membeli domain dan hosting murah yang sesuai kebutuhan.

Tugas Dewa kan hanya agar website nya online, maka tidak diperlukan spesifikasi hosting yang mewah. Cukup hosting paling murah dan juga domain yang masih promo. Berapa budget yang dibutuhkan? Mari kita bahas lebih lanjut.

Nyari domain murah itu cukup gampang sebetulnya. Karena sekarang sudah banyak provider hosting yang menawarkan promo domain murah dengan harga dibawah 50.000 hanya di tahun pertama. Kalau melihat kebutuhan Dewa sih kriterianya sesuai karena apa yang dibutuhkan Dewa hanya untuk tugas di sekolahnya, yang artinya tidak akan sampai bertahun-tahun.

Jagoan Hosting 01

Kita lihat di Jagoan Hosting, domain .ONLINE hanya 18.000 dan domain .XYZ cuma 28.000. Harga segini jelas masuk ke budget Dewa.

Sekarang kita cari hosting murahnya. Di Jagoan Hosting terdapat sebuah layanan yaitu Mini Hosting. Sesuai namanya, spesifikasinya juga mini bahkan harganya mini banget. Cuma 11.000 setahun. Ini sih sudah jelas untung banyak kalau melihat budget yang Dewa butuhkan. Coba kita hitung, domain misal menggunakan .ONLINE seharga 18.000 ditambah hosting seharga 11.000, total 29.000 uang yang harus Dewa keluarkan untuk menyelesaikan tugas sekolahnya. Murah banget!

Jagoan Hosting 02

Berhubung orang Indonesia selalu ingin menang banyak, kita cek saja spesifikasi hosting yang akan kita dapatkan dengan harga 11.000 tersebut.

  1. 200 MB storage, lebih dari cukup buat diisi file-file dari aplikasi web sederhana yang Dewa buat
  2. Cloudlinux Server & Litespeed Cache, sudah garansi bakalan membuat akses web jadi lebih cepat
  3. Bisa menerima 10 pengunjung secara bersamaan, ini sih banyak banget kalau melihat kondisi aplikasi web nya Dewa yang paling diakses oleh gurunya atau teman-temannya
  4. Jaminan uptime 99,9%, gak lucu kan kalau lagi pas dinilai oleh gurunya ternyata web Dewa down
  5. Support SSL, dijamin aman karena nantinya web Dewa sudah HTTPS
  6. Inodes maksimal 25.000 dan Bandwidth Limit 2,5 GB, ini sih banyak banget
  7. 1 Database per akun, cukup kok kan web nya Dewa cuma butuh 1 database saja

Kalau menurut saya pribadi sih, worth it banget hosting seharga 11.000. Cocok buat belajar atau coba-coba ngoprek hosting tanpa harus keluar uang banyak.

Dewa akhirnya mencari informasi berapa budget yang harus dia siapkan. Dengan cepat dia langsung membuka Google dari browser di smartphone nya. Dia mengetikkan kata kunci “hosting mini”, dan seketika keluar banyak hasil pencarian. Dewa memilih salah satu di bagian teratas yang ternyata membawa dia ke web nya Jagoan Hosting.

Senyum merekah di bibirnya. Dia terlihat senang sekali setelah mengetahui kalau ternyata ada hosting seharga 11.000. Sudah terbayang di benaknya kalau dia bakalan bisa segera pamer ke teman-temannya kalau tugas RPL di sekolahnya sudah beres dan bisa diakses di internet.

Beberapa minggu kemudian, Dewa mendapatkan nilai paling baik diantara semua teman sekelasnya. Web yang dia buat ternyata bagus dan bisa diakses dengan cepat. Maka tak heran kalau gurunya memberikan nilai paling tinggi.

Dewa langsung menuliskan review dan pengalamannya menggunakan layanan Jagoan Hosting di Instagram, yang tentu saja disambut dengan suka cita oleh admin IG akun @JagHostID.