Emang Cuma Jagoan Hosting yang Bisa Bikin Kamu Jadi #AutoKeren

Saya teringat akan cerita dua orang yang belajar coding (programming) tapi dengan nasib yang berlainan. Dan yang menjadi pembedanya cuma “blog”. Ceritanya seperti ini. Oh ya cerita ini true story, bukan karangan.

Kedua orang itu adalah Chris Coyier dan Nathan Barry. Yang pertama merupakan founder CSS-Tricks.com, blog yang isinya berbagai tutorial untuk web development, dan yang terakhir adalah founder ConvertKit, tool email marketing buat kreator.

Di tahun 2007-an keduanya masih dalam satu level karena sama-sama baru belajar coding. Bedanya, Chris dengan rutin membagikan ilmu yang baru saja didapat dengan menulis tutorial di blognya. Apapun itu, setiap dia mendapat ilmu baru, dia langsung share dengan bikin tutorial. Begitu seterusnya, dia selalu menulis tutorial di blog sampai bertahun-tahun.

Tapi Nathan tidak seperti Chris. Dia terus menambah ilmu tapi tidak membagikan lagi ilmunya. Jadi dia manfaatkan sendiri ilmu yang didapatnya. Beda dengan Chris yang membagikan setiap ilmu yang didapatnya dan di share di blognya sendiri.

Singkat cerita, Chris dan Nathan akhirnya bisa sampai pada suatu titik dimana mereka berdua ada dalam satu level, tapi tidak dalam level pemula lagi.

5 tahun kemudian, Chris membuat sebuah kampanye di Kickstarter untuk membuat produk dan menghasilkan $89,697 atau kalau dirupiahkan sekitar 1,2 miliar.

Nathan mengira sukses Chris ini karena bantuan Kickstarter, tapi bukan. Nathan akhirnya tahu kalau rahasia sukses Chris adalah rutin sharing ilmu apapun yang dia tahu selama 5 tahun berturut-turut.

Memang apa yang terjadi kalau kita rutin menulis di blog bertahun-tahun atau dalam kasus Chris ini 5 tahun?

Begini penjelasannya.

Dengan berbagi ilmu, tentu saja berguna sekali buat orang lain. Jadi selama 5 tahun Chris selalu sharing ilmu itu, sama saja dengan dia membantu banyak orang dari ilmu yang dia punya. Orang-orang yang dia bantu ini otomatis akan selalu ingat dan akhirnya bisa jadi fans atau istilahnya audience. Chris membangun audience dia sendiri dengan cara rutin sharing ilmu di blog. Lama-lama tentu saja audience dia ini bertambah banyak. Semakin populer blognya tentu audience nya semakin banyak.

Jadi di saat Chris membuat produk, audience nya sudah tahu kalau produk tersebut pasti bermanfaat. Karena sebelumnya dia rutin sharing ilmu bermanfaat di blog, Chris sudah ter-branding dengan sendirinya sebagai orang yang sering berbagi.

Tidak heran, produk yang dibuat Chris bisa laku keras. The more you give, the more you get.

Sampai disini sudah tahu kan? Dua orang yang sama-sama belajar tapi nasibnya berlainan. Yang satu suka nulis di blog, yang satu tidak. Dan sudah ketebak siapa yang lebih sukses (walaupun saat ini keduanya, Chris dan Nathan, sudah sama-sama sukses, karena tidak lama setelah Nathan mengetahui kunci sukses Chris, dia juga selalu rutin berbagi ilmu di blog).

Begitulah manfaatnya blog. Bisa jadi sarana untuk kebaikan dengan cara berbagi ilmu, dan bisa juga sebagai jembatan untuk jalan rezeki.

Terus nunggu apaan lagi? Sekarang giliran kalian. Bagi yang sudah punya blog, segera share ilmu apapun yang kalian punya. Mau ilmu coding, ilmu masak, ilmu nulis, apapun yang bentuknya ilmu (asal bukan ilmu kebal) bisa di share di blog masing-masing.

Bagi yang masih belum punya blog dan sedang (harus) punya rencana buat bikin blog, bisa langsung beli domain dan hosting nya.

Gak perlu yang mahal-mahal dulu, toh blog kalian juga baru lahir kan? Masih belum ada yang tahu dan kemungkinan besar belum ada yang baca artikel kalian. Jadi gak usah banyak mikirin spek segala macam, yang penting mulai saja dulu.

Mulai dengan mencari provider hosting yang murah, kaya hosting murah dengan fitur keren dari Jagoan Hosting. Cuma 950 perak per bulan loh, ingat, perak bukan ribu. Setahunnya cuma 11ribu. Kalau dengan harga segini masih mikir-mikir dulu, kebangetan deh.

Jagoan Hosting 01

Jangan lupa juga beli domain nya, mau .COM atau .ID bebas, bisa sekalian beli domain juga di Jagoan Hosting. Biar gak ribet dan bisa langsung dipakai sekalian sama hosting 950 perak per bulan tadi. Oh iya, kalo ada yang belum tahu, domain itu bayarnya setahun sekali.

Pilihan domain nya banyak banget, dibawah ini merupakan domain yang paling populer atau banyak digunakan saat ini. Pilih saja sesuai yang kalian mau.

Jagoan Hosting 02

Sudah kebayang kan sekarang kalau mau bikin blog gak perlu keluar banyak uang dulu, yang penting ada saja dulu blognya. Kalau blognya sudah mulai ramai, baru pikirin buat upgrade hosting nya.

Keren gak tuh? Pasti keren dong, lah cuma dengan modal minimal sudah bisa bikin blog. Kurang keren apalagi coba? Emang cuma Jagoan Hosting yang bisa bikin kamu jadi #AutoKeren.